Manfaat Postur Duduk Dasar Saat Yoga

Health

JANU SIRSASANA: Penempatan kaki yang benar

Duduk tegak dengan kaki terbentang di depan. Tekuk kaki kanan di lutut dan letakkan kaki sehingga tumit berada di pangkal paha kanan dan bagian depan kaki menyentuh paha kiri. Putar kaki sehingga bagian bawah kaki menghadap ke atas dan tekan kembali lutut untuk membentuk sudut tumpul dengan tubuh. Posisi ini akan sulit pada awalnya; jangan memaksanya. Letakkan selimut terlipat di bawah lutut dan juga di bawah pinggul. Perlahan-lahan lutut akan bergerak lebih jauh ke belakang. Pertahankan posisi kaki dengan benar.

JANU SIRSASANA: Postur tubuh yang benar dan sempurna

Setelah memposisikan kaki dan lutut dengan benar, regangkan kaki kiri ke luar, jaga kaki tetap kuat di matras. Tenangkan tumit dengan kuat dan regangkan jari-jari kaki ke atas. (Tumit harus menarik dengan lembut menjauh dari pergelangan kaki.) Sekarang tarik napas dan tekuk ke depan di atas kaki lurus, tangkap kaki dengan kedua tangan jika memungkinkan. Pemula harus membungkuk hanya sejauh yang mereka bisa tanpa membulatkan punggung. Ketika postur ini dilakukan dengan benar dan sepenuhnya, tubuh akan berguling ke depan di atas kaki panjang, benar-benar rata dari tulang ekor ke kepala. Tetap di sana bernapas normal selama yang Anda bisa. Tarik napas, lepaskan pegangan, naiklah dengan lancar, luruskan kaki yang ditekuk dan rileks. Ulangi di sisi lain.

JANU SIRSASANA: Postur tubuh yang salah

Tumit tidak diposisikan pada pahanya sendiri. Lutut belum didorong sejauh mungkin untuk membentuk sudut tumpul. Bagian belakang berpunuk dan melengkung karena panggul macet dan tidak dapat mengangkat dengan benar. Alih-alih peregangan tulang belakang yang halus dan lengkap, lumbar lebih meregang dan sisa tulang belakang mengerut. Kaki kiri tidak rata di lantai.

TRIANG MUKHAIPADA PASCHIMOTTANASANA: Duduk dengan posisi menekuk ke depan dengan satu kaki

Postur ini biasanya mengikuti yang sebelumnya. Duduk dengan kaki direntangkan di depan. Tekuk kaki kanan sehingga kaki kanan dekat pinggul kanan. Jari-jari kaki harus mengarah ke belakang. Betis kanan menekan paha kanan. Tubuh akan miring dalam posisi ini jadi letakkan handuk kecil yang dilipat di bawah pantat kiri untuk menjaga level pinggul dan peregangan ke depan merata dan memanjang. Pegang kaki kiri dengan kedua tangan, tarik napas dan tekuk ke depan, jaga kedua lutut saat Anda meregangkan kaki lurus ke depan. Banyak siswa akan merasa sulit dalam posisi ini untuk memegang kaki yang terentang. Jangan putus asa. Pegang saja lutut, tulang kering atau pergelangan kaki, dan duduk, bernapas dalam-dalam, di mana posisi yang mewakili ekstensi terbaik Anda. Jika punggung kencang dan tulang belakang tidak lentur, ini akan membutuhkan waktu. Lepaskan pegangan dan luruskan kaki yang ditekuk. Ulangi di sisi lain.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*