Diagnosis dan penanganan Syok kardiogenik

Health

Syok kardiogenik adalah kondisi pada bagian jantung  namun sudah cukup parah dan dapat terjadi secara mendadak. Keadaan yang terus menerus dapat menyebabkan jantung tidak mampu memenuhi pasokan darah pada  tubuh. Keadaan ini bisa berujung komplikasi pada gejala serangan jantung dengan tiba-tiba. Gangguan ini sebenarnya jarang terjadi tapi sebagian besar yakni kaum wanita yang sudah menginjak usia 65 tahun ke atas. Kurangnya pasokan darah yang mengandug oksigen ke dalam jantung, keadaam bisa menjadi penyebab rusaknya ventrikel bagian kiri yang memompa jantung. Gejala lain bisa terjadi karena adanya detak jantung yang tinggi atau menurun, penekanan pada rongga jantung mengakibatkan penumpukan cairan dan menyebabkan komplikasi pada katup jantung. Dilansir dari halaman alodokter.co gejala Syok kardiogenik pada jantung, di antaranya: napas lebih cepat, sesak napas, detak jantung cepat, darah rendah, hilang kesadaran, lemah atau denyut cepat, berkeringat berat, frekuensi buang air kecil berkurang, nyeri bagian dada, gelisah, kebingungan dan pusing, kulit terasa dingin saat disentuh,  dan kulit pucat serta berjerawat

Dalam hal itu, pemeriksa memastikan dengan beberapa pemeriksaan, meliputi:

1. Pemeriksaan tekanan darah, ketika penderita memiliki tekanan darah rendah di bawah 90 mmHg akan mengalami hipotensi ortostatik.

2. Elektrokardiogram (EKG), dilakukan untuk mengetahui aktivitas listrik pada jantung hingga tersambung pada pemindai.

3. Rontgen dada, dilakukan untuk memeriksa struktur fisik dan ukuran jantung juga paru-paru

4. Tes darah, tes dilakukan untuk mengetahui kerusakan jantung dan memeriksa kadar oksigen pada darah dengan analisis gas dalam darah.

5. Ekokardiografi dapat  dilakukan menggunakan gelombang suara  bertujuan untuk melihat struktur, ketebalan, dan gerak tiap denyut jantung serupa dengan alat USG.

6. Angiografi koroner atau kateterisasi jantung. Terkait dengan kombinasi penyuntikan cairan pada pembuluh darah dengan pemindaian dari sinar-X untuk melihat gambar adakah penyumbatan  dalam pembuluh darah serta dapat mengukur tekanan pada bilik jantung.

Adapula pengobatan untuk penderita Syok kardiogenik, salah satunya penderita akan diberikan oksigen tambahan untuk meminimalisir kerusakan pada jaringan otot dan organ lain.

Dalam beberapa kasus, dokter akan menghubungkan mesin upaya membantu pernafasan. Namun sebagai tambahan ada juga obat-obatan dan asupan melalui infus di lengan penderita.

1. Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat untuk mengobati Syok kardiogenik yakni menambah darah melalui jantung dan meningkatkan memompa jantung, obat-obatan antara lain: (a) aspirin guna mengurangi pembekuan darah dan membantu menjaga darah agar bisa mengalir melalui arteri. (b) trombolitik guna mengurangi kerusakan pada jantung. (c) superaspirin guna mencegah terbentunya penggumpalan darah yang baru. (d) obat pengencer darah seperti heparin guna mengatasi pembekuan pada darah.

2. Prosedur medis untuk mengobati Syok kardiogenik umumnya fokus pada memulihkan aliran darah melalui jantung. (a) angioplasti dan stenting, adanya sebuah stent mesh (tabung kecil berjaring) logam bisa dimasukkan ke dalam arteri untuk menjaganya tetap terbuka dari waktu ke waktu. (b) pompa balon untuk membantu aliran darah dan dapat mengurangi beban kerja dari jantung.

Adanya operasi Syok kardiogenik guna memperbaiki kerusakan pada jantung, umumnya kerusakan pada jantung mungkin karena cedera, seperti robek di salah satu bilik jantung atau katup jantung, ini bisa mengganggu kinerja jantung dan menyebabkan syok kardiogenik. Upaya dokter menyembuhkan dengan cara operasi yang merekomendasikan dengan cara pompa jantung. Alat serupa perangkat mekanik yang ditanamkan ke dalam perut dan melekat pada jantung guna membantu jantung memompa. Pompa jantung dapat digunakan pada kasus yang meningkatkan gejala gagal jantung stadium akhir, kali ini tidak dapat menjalani transplantasi jantung atau dapat menunggu donor jantung baru.

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar

nursingbegin.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*